PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MURID KELAS V SD INPRES BTN IKIP I






PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM
MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MURID KELAS V SD INPRES BTN IKIP I MAKASSAR

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna
Memperoleh Gelar  Sarjana Pendidikan pada Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Strata Satu  Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Makassar

Oleh
WISNAH
0747241402

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2010
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Skripsi ini dengan judul ” Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Murid Kelas V SD IKIP I Makassar ”.
Atas nama :
Nama  : WISNAH
NIM  : 0747241402
Prodi  : PGSD
Fakultas   : Ilmu Pendidikan
Setelah diperiksa dan di teliti, telah memenuhi syarat untuk diujikan.
Makassar   April 2010
Disetujui oleh:
Komisi Pembimbing
Pembimbing I        Pembimbing II

Dra. Hj. Nurbaya Kaco, M.Si          Drs. H. Alimin Umar, M.Pd
NIP : 1948 0401 198003 2 001        NIP : 1952 1020 198003 1 001
                     

Disahkan oleh:
Ketua Prodi PGSD FIP UNM,

Drs. Muslimin, M.Ed
Nip. 19610224 198703 1 003

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama          :  WISNAH
NIM          :  0747241402
Prodi          :  PGSD
Fakultas         :  Ilmu Pendidikan
Judul Skripsi  :Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Murid Kelas V SD IKIP I Makassar
Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya tulis ini benar merupakan hasil karya sendiri dan bukan merupakan pengambilalihan tulisan atau pemikiran orang lain yang saya akui sebagai hasil tulisan atau pikiran sendiri
Apabila dikemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku.
      Makassar  Maret 2010
                                                Yang Membuat Pernyataan

WISNAH

MOTTO

Jangan pernah berkecil hati dalam menjalani kehidupan
walaupun perjalanan yang dituju masih jauh dan melelahkan
hiduplah dengan penuh optimis
dan tak mudah untuk menyerah

Mulailah usaha dengan keyakinan
Iringilah keyakinan itu dengan ikhtiar
Dan barengilah dengan doa
“Tiada kata terlambat untuk meraih kesuksesan”

Kupersembahkan karya ini buat Ayah Bundaku tercinta, berkat iringan doa tulus darinya yang menyertai ananda, serta buat saudara-sudaraku tersayang hanya kepada Allah SWT aku bersujud dan bersyukur.
ABSTRAK

Yusnita 2010. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Murid Kelas V SD IKIP I Makassar. Skripsi. Dra. Hj. Nurbaya Kaco, M.Si  dan Drs. H. Alimin                   Umar, M.Pd,  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Masalah pokok penelitian apakah dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Role Playing dalam mata pelajaran Pkn dapat meningkatkan aktivitas belajar murid kelas V SD IKIP I Makassar ?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas belajar murid dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Role Playing kelas V SD IKIP I Makassar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan fokus penelitian adalah hasil belajar dan penerapan pendekatan Role Playing. Setting penelitian adalah siswa V SD IKIP I Makassar sebanyak 37 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan, wawancara dengan indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Data yang terkumpul disajikan dalam bentuk matriks tabulasi.
Hasil penelitian dikemukakan bahwa pada pelaksanaan siklus I sekitar 42 persen siswa yang memperoleh nilai 7 ke atas. Yang berarti hasil belajar yang dicapai belum mencapai target siswa yang direncanakan yakni 70 persen  ke atas sedangkan pada pelaksanaan siklus II 100 persen siswa telah mencapai hasil belajar 70 persen ke atas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn di kelas V SD IKIP I Makassar. Serta nilai pembelajaran PKn mengalami peningkatan
PRAKATA
Puji syukur kepada Allah SWT atas berkat, rahmat dan kesempatan yang Dia berikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan studi dan memperoleh gelar, dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Murid Kelas V SD IKIP I Makassar.” sebagai tugas akhir untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Diawali dengan doa dan sebentuk perjuangan memulai studi hingga penyusunan tugas akhir dengan melewati berbagai kendala, semua memberikan pengalaman tersendiri bagi penulis. Pengalaman ini menjadi tenaga pendorong bagi penulis untuk meraih cita-cita.
Penulis mencurahkan segala kemampuan dalam menyelesaikan skripsi ini, tetapi lepas dari semua itu ternyata tidak luput dari berbagai kekurangan dan ketidaksempurnaan, mengingat penulis masih dalam tahap belajar, namun inilah hasil maksimal yang dapat penulis berikan.
Banyak hambatan yang dihadapi dalam penyusunan skripsi ini. Namun berkat petunjuk, usaha, arahan dan bimbingan yang diberikan oleh berbagai pihak, maka segala hambatan tersebut dapat teratasi. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati perkenankanlah pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ibu Dra. Hj. Nurbaya Kaco, M.Si, pembimbing I dan Bapak Drs. H. Alimin Umar, M.Pd pembimbing II yang rela meluangkan waktunya untuk memberikan petunjuk dan bimbingan serta saran-saran sejak penyusunan rancangan penelitian sampai selesainya skripsi ini. Selanjutnya ucapan terima kasih ditujukan kepada :.
Bapak Prof. DR. H. Arismunandar, M.Pd. Rektor Universitas Negeri Makassar yang telah menampung kami untuk melanjutkan pendidikan khsususnya penyetaraan S1 PGSD FIP UNM.
Bapak Dr. Ismail Tolla, M.Pd selaku Dekan FIP UNM yang yang telah menampung kami untuk melanjutkan pendidikan khsususnya penyetaraan S1 PGSD FIP UNM.
Ibu Hj. Yassena, S.Pd selaku kepala SD IKIP I Makassar yang telah memberikan izin untuk mengadakan penelitian dan kerjasamanya selama penulis mengadakan penelitian.
Bapak dan Ibu Dosen Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar atas segala ilmu dan bimbingannya selama ini, serta seluruh staf pegawai administrasi atas segala pelayanan yang telah diberikannya selama penulis menempuh studi di Fakultas Ilmu Pendidikan Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar.
Teristimewa kepada ayahanda dan ibunda serta saudara-saudaraku tercinta atas belas kasihnya, pengorbanan yang tiada henti baik material maupun dukungan moril dan yang paling penting adalah doa restunya yang senantiasa menjadi sumber motivasi bagi penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
Rekan-rekan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar khususnya kelas masamba yang sementara dalam penyelesaian studi.
Semoga segala  bantuan, dukungan dan bimbingan yang telah diberikan mendapat pahala dan rahmat dari Allah SWT. Dan akhirnya penulis berharap kiranya skripsi ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang memerlukannya.
        Makassar  April  2010

    P e n u l i s
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
PERSETUJUAN PEMBIMBING ii
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI iii
MOTTO iv
ABSTRAK v
PRAKATA vi
DAFTAR ISI ix
DAFTAR GAMBAR xi
DAFTAR TABEL xii
DAFTAR LAMPIRAN xiii
BAB I.PENDAHULUAN 1
Latar Belakang Masalah 1
Perumusan dan Pemecahan Masalah 5
Tujuan Penelitian 6
Manfaat Hasil Penelitian 7
BAB II.KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PIKIR DAN
HIPOTESI TINDAKAN 9
Kajian Pustaka 9
Kerangka Pikir 30
Hipotesis 31

BAB III.METODE PENELITIAN 32
Pendekatan dan Jenis Penelitian 32
Setting dan Subyek Penelitian32
Fokus Penelitian33
Prosedur penelitian 33
Teknik Pengumpulan Data 37
Tehnik Analisa Data 37
Indikator Keberhasilan 38
BAB IV.HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 39
Deskripsi Penelitian39
Paparan Data40
Pembahasan51
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN 56
Kesimpulan 56
Saran 56
DAFTAR PUSTAKA 57
LAMPIRAN 59
RIWAYAT HIDUP



DAFTAR GAMBAR
NomorJudul            Halaman
Skema Kerangka Pikir 31
Diagram Alur Desain Penelitian  34

DAFTAR TABEL

NomorJuduL            Halaman
Tingkat Penguasaan Materi38





















DAFTAR LAMPIRAN

NomorJuduL            Halaman
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I60
Format Observasi Aktifitas Guru Siklus I64
Tes Formatif Siklus I67
Daftar Nilai Siklus I69
Pedoman Wawancara Siklus I70
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II72
Format Observasi Aktifitas Guru Siklus II76
Deskripsi Hasil Wawancara Siklus I80
Tes Formatif Siklus II81
Daftar Nilai Siklus II83
Permintaan Izin Melakukan Penelitian
Izin/Rekomendasi Penelitian     
Izin Penelitian
Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

model pembelajaran role playing aktivitas belajar mata pelajaran PKn murid kelas V SD Inpres GOTONG-GOTONG II Makassar

Soal Tematik tema 6

Mungkinkah Kejadian Penanggalan Masehi ?