BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Kedisiplinan Belajar dapat ditanamkan kepada murid -siswi melalui beberapa metode pembelajaran di kelas. Pilihan metode atau model pembelajaran merupakan bagian yang penting dan membutuhkan kejelian serta inovasi guru dalam proses transformasi ilmu pengetahuan atau nilai-nilai. Kita menyadari bahwa pada dasarnya manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal, agar dengan pendidikan potensi dirinya dapat berkembang melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan dilakukan oleh masyarakat. Lahirnya generasi baru yang cerdas dan handal adalah suatu keharusan bagi suatu bangsa, para pendidk (guru) serta orang tua. Seperti yang tercermin dalam nilai-nilai mata pelajaran PKn, bahwa masa depan bangsa ditentukan oleh generasi muda yang cerdas (dikutip dari berbagai sumber internet). Sistem pendidikan nasional yang awalnya bersifat sentralisasi, seiring pemberlakuan otonomi daerah
NAMA SDN 145 INPRES 145 PAMPANGAN
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 No. Absen :
Mata Pelajaran : Tematik tema 6
Kelas : V (lima) Nilai :
Waktu : 90 menit
Tanggal :
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
(PPkN No 1-4)
1. Hak seorang siswa disekolah adalah….
a. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah. c. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
b. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah. d. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid
2. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
a. Kewajiban c. Sikap
b. Hak d.
Kejadian 1 Kejadian 1 Pada mulanya + Allah + menciptakan + langit dan bumi. + 2 Bumi belum berbentuk dan kosong dan kegelapan ada di atas permukaan air yang dalam; + dan tenaga aktif Allah bergerak ke sana kemari + di atas permukaan air. + 3 Kemudian Allah berfirman, + ”Biarlah ada terang.” Lalu terang pun ada. + 4 Setelah itu Allah melihat bahwa terang itu baik, dan Allah memisahkan terang dan kegelapan. + 5 Allah mulai menyebut terang itu Siang, + tetapi kegelapan itu disebutnya Malam. + Tibalah petang dan tibalah pagi, hari pertama. 6 Selanjutnya Allah berfirman, ”Biarlah ada angkasa + di tengah-tengah air dan biarlah terjadi pemisahan antara air dengan air.” + 7 Kemudian Allah membuat angkasa dan memisahkan air yang harus ada di bawah angkasa itu dan air yang harus ada di atas angkasa itu. + Dan jadilah demikian. 8 Allah mulai menyebut angkasa itu Langit. + Tibalah petang dan tibalah pagi, hari kedua. 9 Selanjutnya Allah berfirman, ”Biarlah air di ba
Komentar
Posting Komentar